gereja

Trinitas Meniru Ajaran Agama Kafir Sebelumnya

Oleh: Abu Deedat Syihab,MH

Tauhid  adalah ajaran yang  Allah turunkan lewat para nabi, baik Nabi Musa as, Isa as, Muhammad SAW. Semuanya mengajarkan tauhid bahwa tuhan yang wajib disembah adalah Allah yang Maha Tunggal bukan tri tunggal atau tri murti.

Ayat-ayat tauhid di kitab Perjanjian Lama  sbb:

“Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa TUHANlah Allah, tidak ada yang lain kecuali Dia.”(Ulangan 4: 35).

“Sebab itu ketahuilah pada hari ini dan camkanlah, bahwa TUHANlah Allah yang di langit di atas dan di bumi di bawah, tidak ada yang lain.”(Ulangan 4: 39).

“Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!” (Ulangan 6: 4).

“Lihatlah sekarang, bahwa Aku, Akulah Dia. Tidak ada Allah kecuali Aku. Akulah yang mematikan dan yang menghidupkan, Aku telah meremukkan, tetapi Akulah yang menyembuhkan, dan seorang pun tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku”. (Ulangan 32: 39)

  1. Tidak ada Tuhan lain selain Allah.
    “Kamu inilah saksi-saksi-Ku,” demikianlah firman TUHAN, “dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi.” (Yesaya 43: 10).
  2. Tidak ada juru selamat selain Allah.
    “Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.”(Yesaya 43: 11).
  3. Allah Tuhan semesta alam, yang awal dan yang akhir.
    “Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: “Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.” (Yesaya  44: 6).
    “Kepada siapakah kamu hendak menyamakan Aku, hendak membandingkan dan mengumpamakan Aku, sehingga kami sama?” (Yesaya 46: 5).

Tuhan Menurut Ajaran Yesus

 “Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel”. (Matius 10: 5 – 6).

 “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.” (Yohanes 17: 3).

Ayat diatas menjelaskan bahwa Allah-lah Tuhan yang Esa!, dan Yesus hanyalah utusan Allah. Mungkin inilah yang disebut syahadat Yesus. “Tiada Tuhan kecuali Allah, dan Yesus (‘Isa) utusan Allah”.

  1. Kata Yesus, Allah itu Esa
    “Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.” (Markus 12:29)
  2. Kata Yesus, berbakti hanya kepada Allah
    “Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!” ( Matius 4: 10 ).
    Dalam ayat ini Yesus menyuruh Iblis menyembah, dan berbakti hanya kepada Allah saja. Yesus tidak menyuruh Iblis menyembah dirinya.

 

Tritunggal/Trinitas/Trimurti  bukanlah tunggal (Esa)

Kepercayaan Trinitas adalah ajaran agama-agama kafir yang sudah lama berkembang di mana-mana, terutama di sekitar Laut Tengah. Jauh sebelum ada penyelidikan sejarah, Alquran sudah memberikan sinyalemen bahwa dogma Trinitas itu tidak Alkitabiyah, melainkan meniru agama-agama kafir sebelumnya.

Orang-orang Yahudi berkata: “Uzair itu Anak Allah” dan orang-orang Nasrani berkata: “Al Masih itu Anak Allah”. demikian itu ucapan mereka dengan mulut mereka, meniru omongan orang-orang kafir sebelumnya. Allah pasti membinasakannya. Bagaimana mereka itu dapat berpaling?” (QS at-Taubah 30).

Berikut ini bukti-bukti bahwa Trinitas itu mencontek agama-agama kafir sebelumnya.

  1. Trinitas di Mesir
    1. Tuhan Bapa (Osiris)
      • Lahir pada tanggal 27 Desember dari perawan Neis (Perawan Dunia) di dalam goa.
      • Mengajarkan cinta kasih, kedamaian dan kelembutan.
      • Dikalahkan oleh Typhon, disalib dan dicincang sampai mati sebagai penebus dosa.
      • Setelah mati, jasadnya bangkit pada hari ketiga.
    2. Tuhan Perempuan (Isis)
      • Isis adalah Tuhan perempuan yang pemujaannya saat ini sama dengan pemujaan umat Katolik terhadap Bunda Maria.
    3. Tuhan Anak (Horus)
      • Anak tunggal Osiris–Isis yang lahir di goa (kisah ini diadopsi Kristen dengan menyatakan bahwa Yesus lahir di goa).
      • Juru selamat yang mati menebus dosa dengan darahnya, dikuburkan, kemudian jasadnya bangkit pada hari ketiga.
      • Gambar-gambar tentang Horus dalam gendongan ibu­nya (Tuhan Isis) masuk ke dalam gereja dalam bentuk bayi Yesus di tangan Bunda Maria.
  1. Trinitas di Persia (Mitraisme)
    • Mitra adalah dewa matahari yang banyak dipuja di berbagai negeri dari India sampai Eropa.
    • Dewa Mitra diyakini sebagai Juru Selamat Penebus Dosa yang lahir dari seorang perawan pada hari Minggu tanggal 25 Desember. Kepercayaan inilah yang diadopsi oleh penganut Kristen menjadi hari natal.
  1. Trinitas/Trimurti di India (Hindu)
    • Dalam agama Hindu, Tuhan diyakini terdiri dari tiga oknum (Trimurti), yaitu Brahma (Tuhan Bapa), Wisnu (Tuhan Pemelihara), dan Syiwa (Tuhan Pembinasa).

Wallaahu a’lam bis-shawaab[]

Sumber: Tabloid Mediaumat Edisi 208