antichrist

Siapa Antikristus? (3)

Oleh: Hj Irena Handono, Pendiri Irena Center/ Pakar Kristologi

Masih membahas tentang Antikristus. Saya pernah mendapati dalam sebuah blog yang ditulis orang kristen menyatakan yang isinya bahwa mereka sesungguhnya tahu bahwa Muslim memiliki cita-cita agar Islam menjadi aturan yang diterapkan di seluruh dunia. Tapi masalahnya mereka tidak memahami bahwa Islam adalah sebuah ideologi yang lengkap meliputi konsep dan metoda penerapan. Sedangkan agama-agama di luar Islam hanya memiliki konsep, tidak memiliki metoda penerapan, serta hanya membahas masalah ruhiyah tidak membahas masalah duniawi.

Mereka pun menganggap Islam sama sederajat seperti agama mereka. Sehingga cita-cita Muslim menjadikan Islam sebagai sistem dunia dianggapnya sebagai cita-cita utopis yang lahir dari kesombongan. Inilah sebenarnya salah satu sumber kebencian non-Muslim saat ini terutama umat Kristen kepada Islam.

Lebih lanjut mereka umat Kristen meyakini bahwa Islam adalah Antikristus, berikut dalil dari Bibel yang dianggap cocok dinisbatkan pada Islam:

1 Yohanes 4:3

dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.

1 Yohanes 2:22

Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.

Sedangkan Muslim dianggap mempunyai roh Antikristus karena:

  1. Islam menolak Yesus sebagai Anak Allah.
  2. Islam menolak Trinitas.
  3. Islam menolak Yesus telah mati disalib

Bagi mereka Antikristus adalah musuh utama tuhan, sehingga sikap umat Kristen terhadap tragedi kekejaman-kekejaman yang dialami Muslim yang terjadi masa lalu akibat Perang Salib tidaklah dianggap sesuatu yang mencengangkan atau patut disesali. Lebih lanjut mereka meyakini bahwa,

  1. Antikristus adalah pemimpin religius dan sekaligus politik dan militer yang tidak ada duanya yang akan muncul di akhir jaman.
  2. Nabi Palsu adalah tokoh penting nomor dua yang akan muncul di akhir zaman yang akan mendukung Antikristus.
  3. Antikristus dan Nabi Palsu bersamasama akan mempunyai pasukan yang kuat yang akan mendatangkan penghancuran besar di bumi dalam usaha untuk menundukkan semua bangsa dan mendominasi dunia.
  4. Nabi Palsu secara khusus digambarkan sebagai seekor naga yang “berpakaian” domba.
  5. Antikristus dan Nabi Palsu akan mendirikan sebuah tatanan dunia baru.
  6. Antikristus dan Nabi Palsu memberlakukan hukum-hukum yang baru di seluruh bumi.
  7. Antikristus adalah yang “mengubah masa/waktu”
  8. Antikristus dan Nabi palsu, keduanya akan menjadi pemimpin religius yang berkuasa yang akan berusaha memberlakukan sebuah agama dunia yang universal.
  9. Antikristus dan Nabi Palsu akan mengeksekusi siapapun yang tidak tunduk kepada agama mereka.
  10. Antikristus dan Nabi Palsu akan secara khusus menggunakan pemenggalan kepala sebagai sarana utama untuk mengeksekusi para pemberontak.
  11. Antikristus dan Nabi Palsu akan menyerang untuk menaklukkan dan merampas Yerusalem.
  12. Antikristus akan menempatkan dirinya sendiri di atas Bait Suci Yahudi sebagai tahta otoritasnya.
  13. Nabi Palsu akan melakukan banyak mujizat untuk menipu sebanyak mungkin orang untuk mendukung Antikristus.
  14. Dalam kitab Wahyu Antikristus digambarkan menunggangi kuda putih.
  15. Antikristus akan membuat perjanjian damai dengan Israel selama tujuh tahun.
  16. Yesus Sang Mesias Yahudi akan kembali untuk membela Yahudi di Israel dari sebuah serangan militer dari sebuah koalisi besar bangsa-bangsa yang dipimpin oleh Antikristus dan Nabi Palsu.
  17. Secara spesifik roh Antikristus akan menyangkali doktrin Kristen yang paling unik dan sentral, yaitu trinitas, inkarnasi dan kematian Yesus di salib untuk menjadi tebusan menggantikan banyak orang (kematian substitusioner).
  18. Peringatan utama yang diberikan Yesus dan Rasul Paulus adalah supaya orang Kristen mewaspadai banyaknya penipuan dan penyesatan akhir zaman.
  19. Bangsa-bangsa khusus yang digambarkan dalam Alkitab sebagai bagian dari kekaisaran final dari Antikristus, semuanya adalah bangsa-bangsa Islam.
  20. Kekaisaran final Antikristus akan merupakan versi baru dari kekaisaran yang mengalahkan kekaisaran Romawi (Ottoman).
  21. Ketika Antikristus muncul, akan ada beberapa bentuk sistem yang berlaku yang akan digunakan untuk menerimanya sebagai seorang juru selamat dan untuk membuat persekutuan dengannya.

Poin-poin doktrin itu tidak terdapat dalam teks Bibel, namun disebarkan kepada umat Kristen melalui mimbar-mimbar gereja dan juga tulisan-tulisan di dunia maya. Entah menggunakan tafsir yang bagaimana, tapi dari semua poin tersebut, mereka berusaha mengasosiasikan AntiKristus sebagai Islam.

Meskipun demikian, kebencian tentu tidak perlu dibalas dengan kebencian. Mari sajikan kembali sejarah secara obyektif agar mereka paham. Islam datang sebagai sistem untuk membawa dunia kepada tatanan yang rahmatan lil ‘alamin.[]

Telah terbit MU Edisi 219