Gegap Gempita Sambut Ramadhan Bulan Perjuangan di Kabupaten Bandung

 Gegap Gempita Sambut Ramadhan Bulan Perjuangan di Kabupaten Bandung

Lebih dari 500 peserta Tarhib Ramadhan 1440 H di Kabupaten Bandung antusias dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Tarhib yang dilaksanakan dengan rute sepanjang 63 km dari Balai Sabilulungan di Soreang hingga bukit Candi di Cicalengka itu berhasil menyedot perhatian warga Kabupaten Bandung.

Tarhib ini dimulai dari tausiyah yang menyejukkan hati oleh dua tokoh Jawa Barat, yaitu Ustadz Luthfi Affandi dan Ustadz Muhammad Syukron Halim. Kedua guru ummat ini mengingatkan masa-masa perjuangan yang dilakukan baginda Rasulullah SAW dan para sahabat pada momen-momen Ramadhan.

Tarhib ini dilakukan dengan semangat mulai pukul 10 hingga sore hari. Perjalanan dengan rombongan sekitar 200 sepeda motor itu dimulai dari titik kumpul di Balai Sabilulungan menyusuri jalan Raya Soreang. Kemudian perjalanan diarahkan ke Banjaran menuju Baleendah.

Setelah istirahat shalat dzuhur di Mesjid Agung Ciparay, perjalanan dilanjutkan menuju Majalaya, Solokanjeruk, Rancaekek, lalu melewati jalanan Cicalengka hingga mendaki ke arah Curug Cinulang.

Di titik akhir Bukit Krontjong Cicalengka, para peserta melakukan teatrikal dengan membentuk kaligrafi Al-Khilafah.

Saat tarhib dengan motor dilakukan, uniknya warga ikut mengabadikan momen langka ini. Terlihat ibu-ibu, para pedagang, maupun pengguna jalan secara umum mengcapture momen tarhib ini seraya meng unggah di sosial media mereka. Tarhib selesai sekitar jam 15.00 sebelum para peserta kembali ke rumah masing-masing.[]

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *